Abstract:
Pengembangan video tutorial berbasis aplikasi Camtasia Studio pada materi elektron valensi merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas produk video tutorial berbasis aplikasi Camtasia Studio yang dikembangkan. Metode penelitian yang gunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang termodifikasi menjadi 3-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu dan keadaan. Video tutorial yang dikembangkan diujicobakan pada 24 orang peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Hanau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan media. Video tutorial yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek praktikalitas. Hal tersebut dilihat dari angket keterbacaan video tutorial pada uji perorangan memperoleh skor 38,67 dengan ketegori baik dan kelompok kecil memperoleh skor 37,27 dengan kategori baik. Angket respon peserta didik memperoleh skor 4,08 dengan ketegori baik, respon guru memperoleh skor 4,2 dengan ketegori sangat baik. Lembar aktivitas guru menggunakan video tutorial memperoleh skor 3 dengan ketegori baik serta lembar aktivitas guru dalam mengelola kelas memperoleh rata-rata skor 3,44 dengan ketegori sangat baik. Video tutorial juga telah memenuhi aspek efektifitas yang dilihat berdasarkan N-gain hasil belajar pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu video tutorial berbasis aplikasi Camtasia Studio telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas.