Abstract:
Implementasi model Problem Based Learning berbasis SETS sebagai peningkatkan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan bertujuan adalah sebagai upaya meningkatkan aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik, self-efficacy dan mengetahui respon peserta didik. Metode yang diterapkan pada penelitian ialah quasi experiment dengan desain nonequivalent kontrol group design dengan menerapkan metode berbeda pada kelas experiment dan kontrol. Sampel yang diteliti yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 peserta didik SMAN 4 Banjarmasin. Diambil dua variabel pada penelitian ini yakni variabel bebas dan terikat, aspek keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy sebagai variabel terikat dan model pembelajaran sebagai variabel bebas. Data dihimpun memakai teknik test dan non-test, sedangkan data dianalisis dengan cara analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa ditemukan perubahan antara dua sampel yakni kelas kontrol dan eksperimen pada keterampilan berpikir kritis, self-efficacy dan respon peserta didik. Pengimplementasian model berbeda pada kelas eksperimen dan kontrol, yaitu pengimplementasian model pembelajaran Problem Based Learning berbasis SETS, sedang kelas kontrol pengimplementasian model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian memperoleh hasil yang tidak sama pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ditemukan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.