Abstract:
Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam menganalisis suatu
situasi berdasarkan fakta, bukti hingga diperolehnya suatu kesimpulan. Penelitian
pengembangan media Chemuno Card Games (CCG) berbasis model Scientific
Critical Thinking (SCT) pada materi sistem periodik unsur bertujuan untuk
mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan media CCG berbasis model SCT
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini
menggunakan pengembangan model evaluatif Tessmer yaitu: self evaluation,
expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, field test evaluation.
Subjek penelitian ini yaitu 5 orang validator dan 31 peserta didik kelas X.G SMA
Negeri 1 Kandangan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan
non tes (angket respon dan lembar observasi). Berdasarkan hasil uji coba
menunjukkan media yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 93,
11%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 88,68?n efektif dengan skor
efektivitas 83,15%. Pembelajaran menggunakan media chemuno card yang
dikembangkan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didiik yang
ditunjukkan dengan nilai N-Gain pada kategori tinggi yaitu 0,83. Hasil analisis
menunjuukan media chemuno card yang dikembangkan valid, praktis dan efektif
untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia materi sistem
periodik unsur untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.