Abstract:
Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis Scientific Critical Thinking (SCT) pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model rancangan Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting) dalam setiap siklus. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I adalah 47,18 dengan kategori cukup kritis, pada siklus II terjadi peningkatan dengan skor 81,06 dengan kategori sangat kritis. Pada tes hasil belajar pengetahuan, untuk siklus I adalah 55,56 dengan kategori kurang dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 91,11 dengan kategori baik. Respon peserta didik juga menunjukkan kategori setuju, dengan demikian e-modul berbasis Scientific Critical Thinking (SCT) pada materi larutan penyangga layak digunakan di dalam suatu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.