Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan e-modul berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi asam basa di MAN Katingan pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul yang dikembangkan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementayion, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu 27 peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN Katingan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan nilai 86,95, secara kepraktisan menunjukkan sangat praktis dengan nilai 89,38, dan secara efektivitas menunjukkan efektif dengan nilai 76,06. Selain itu e-modul yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dari pretest (31,02) ke posttest (83,18), serta dengan peningkatan pada kategori tinggi yang ditunjukkan dengan data dari nilai N-Gain yaitu 0,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis proyek yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.