Abstract:
Permasalahan yang terjadi pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Martapura adalah rendahnya perkembangan motorik halus anak, hal ini disebabkan pembelajaran yang kurang bermakna dan membosankan serta media kurang variatif. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan anak dalam menempel dengan tepat menggunakan model project based learning dan explicit instruction melalui teknik mozaik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian dari anak kelompok B TK Negeri Pembina Martapura sebanyak 15 orang anak, yaitu 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mendapatkan skor 27 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak memperoleh persentase 100?ngan kriteria seluruh anak aktif, dan hasil perkembangan anak mendapatkan persentase 100?ngan kriteria berkembang sangat baik (BSB).