Abstract:
ABSTRAK
Mirazur Rahmaini, NIM D1A115048, Analisis Kepuasan Masyarakat
Terhadap Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (Kia) Di Kabupaten
Hulu Sungai Selatan, Dibawah Bimbingan Ibu Erma Ariyani
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat Terhadap
Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (Kia) Di Kabupaten Hulu Sungai
Selatan serta melakukan analisis perbaikan pada masing-masing demensi kualitas
pelayanan serqual (Service Quality) yang terendah.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Kuantitatif dan
kualitatif) dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan
adalah kuesioner dengan jumlah 220 responden. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan cara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan
pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di dinas kependudukan dan pencatatan Sipil
Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah 71,4% atau dapat diinterpretasikan kualitas
pelayanan dikategorikan baik. Setiap unsur pelayanan yang diberikan harus
diperhatikan dan terus diperbaiki, yaitu informasi dan sosialisasi yang diberikan
masih di anggap kurang maksimal sehingga masyarakat terlambat mengetahui
informasi pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan publik, kepuasan masyarakat, Disdukcatpil
Kab. HSS