Abstract:
Abstrak. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas dan respon peserta didik pada materi hidrokarbon untuk melatih kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Banjarmasin berjumlah 3 kelas yang berjumlah 86 orang yang dibagi menjadi 15 kelompok. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan respon peserta didik. Analisis inferensial menggunakan uji normalitas Kolmogorov-smirnov dan Uji Wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain adalah 0,83 dengan kategori tinggi dan rata-rata skor respon peserta didik sebesar 41,08 dengan kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan saat pandemi covid-19 pada materi hidrokarbon efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan mendapatkan respon yang positif dari peserta didik.
Kata kunci: Berpikir kreatif, efektivitas, hidrokarbon, pre-experimental design.