Abstract:
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak. Untuk mengatasinya melalui pemberian tugas dan praktek langsung dengan model explicit instrution. Tujuan penelitian ini untuk mengdeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan seni anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis pendekatan tindakan kelas(PTK), dilaksanakan 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Mekar Sari Tanah Bumbu yang berjumlah 16 orang anak (9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan seni anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan skor 16 dengan kategori “cukup baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 19 dengan kategori “baik”, pertemuan ke-3 dengan sor 21 dengan kategori “baik” dan pertemuan ke-4 dengan skor 23 dengan kategori “sangat baik”. (2) aktivitas anak pada pertemuan ke-1 dengan persentase 44,53?ngan kategori”cukup baik”, pertemuan ke-2 dengan persentase 62,89?ngan kategori “cukup baik”, pertemuan ke-3 dengan persentase 71,48?ngan kategori “aktif”, dan pertemuan ke-4 dengan persentase 82.42?ngan kategori “sangat baik”. (3) hasil perkembangan seni pada pertemuan terakhir mencapai anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) dan (BSB).
Kata Kunci: praktek langsung, pemberian tugas, model explicit instruction.
Abstract