Abstract:
Masalah utama pada penelitian ini ialah rendahnya kemampuan sosial emosional dalam kemandirian anak pada anak usia dini. Upaya dalam mengembangkan aktivitas dan hasil perkembangan anak melalui model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengembangkan kemandirian anak. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Kenanga Banjarmasin yang terdiri dari 11 orang anak. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan aktivitas hasil perkembangan. Analisis data penelitian ini memakai analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang memuaskan dimana aktivitas guru meraih kriteria sangat baik pada pertemuan 3, aktivitas klasikal anak meraih presentase 100?ngan kriteria sangat aktif pada pertemuan 3, dan hasil perkembangan anak secara individual meraih presentase 100?ngan kategori BSB (berkembang sangat baik) pada pertemuan 3. Disarankan penggunaan model Project based learning, sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan aspek sosial emosional anak menjadi lebih baik.