Abstract:
Salah satu masalah penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Pembelajaran yang monoton menyebabkan anak bosan dan tidak memperhatikan. Model pembelajaran berbasis proyek yang menggabungkan STEAM adalah solusi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tindakan guru dan tindakan anak serta menganalisis hasil perkembangan anak. PTK ini dilakukan dalam tiga pertemuan. Guru mengatur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk setiap pertemuan. Rubrik dan lembar observasi digunakan dalam penelitian ini untuk melacak aktivitas guru, aktivitas anak, dan perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari kategori baik pada pertemuan 1 menjadi sangat baik pada pertemuan 3, dan aktivitas anak klasik juga meningkat dari kategori Cukup Aktif pada pertemuan 1 menjadi Sangat Aktif pada pertemuan 3. Perkembangan klasik anak juga meningkat dari Mulai Berkembang pada pertemuan 1 menjadi Berkembang Sangat Baik pada pertemuan 3.
Kata Kunci: Lambang Bilangan, Project Based Learning, STEAM