Abstract:
ABSTRAK
Masdiana. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam
Menjiplak Bentuk melalui Metode Demonstransi dan Model Explicit
Instruction pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 43 Banjarmasin. Skripsi
Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik
2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D
Kata kunci : Motorik Halus, Menjiplak, Demonstrasi, Explicit Intruction
Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh
gambaran bahwa kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk masih belum
maksimal pada anak kelompok A TK Aisyiyah 43 tahun ajaran 2019/2020, dapat
terlihat dari 14 anak hanya 5 anak (36%) dengan kategori Berkembang Sesuai
Harapan (BSH) dan 9 anak (64%) dengan kategori Mulai Berkembang. Hal ini
disebabkan oleh proses belajar mengajar masih cendrung berorientasi pada
transfer pengetahuan. Metode yang digunakan masih monoton yaitu terpaku pada
metode ceramah dan tanya jawab dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
masih terpaku pada buku-buku pelajaran dalam suasana formal di sekolah. Oleh
sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran melalui metode demonstransi dan
model explicit instruction dengan media gambar, dengan tujuan dapat
mengembangkan kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk pada anak
kelompok A TK Aisyiyah 43.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu
melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak
kelompok A TK Aisyiyah 43 yang berjumlah 14 anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97
dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anakaktif). Untuk hasil kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk
berhasil/berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh ????.
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk
melalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media
gambar pada anak kelompok kelompok A TK Aisyiyah 43 dikatakan
berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa melalui metode demonstransi dan
model explicit instruction dengan media gambar salah satu alternatif strategi
pembelajaran pada kemampuan motorik halus.