Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Scientific Critical Thinking (SCT) berbasis kearifan lokal sasirangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Uji coba terbatas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan kepada mahasiswa Kimia Sekolah 2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar keterlaksanaan, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) perangkat model SCT dilihat dari komponen SAP, LKM, bahan ajar, dan intrumen tes dalam kategori valid; (2) perangkat model SCT termasuk praktis karena fase-fase model SCT dapat terlaksana dengan baik; dan (3) perangkat model SCT termasuk efektif karena N-gain keterampilan berpikir kreatif sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model Scientific Critical Thinking (SCT) berbasis kearifan lokal sasirangan materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia.