Abstract:
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan
menganlisis hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan
dengan lambang bilangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan 3 siklus, subjek penelitian adalah
kelompok B di RA Al Irsyad Palimbangan yang berjumlah 16 anak (8 anak laki-laki dan 8
anak perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan
wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa model Demonstration dan Model Talking Stick melalui permainan ular tangga dapat
meningkatkan aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas anak memperoleh
kategori sangat aktif. Pada hasil perkembangan kognitif anak memperoleh kategori
berkembang sesuai harapan BSH dan Berkembang Sangat Baik BSB.
Kata Kunci: Kognitif, Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan,
Demonstration, Talking Stcik, Permainan Ular Tangga.