Abstract:
Rendahnya kemampuan kognitif anak dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan kognitif anak dalam mengubungkan lambang bilangan 1-10 menggunakan model POLISI (Problem Based learning, Think Pair Share dan media gelas angka). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak mencapai kriteria seluruh anak sangat aktif dan kemampuan kognitif mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan persentase 100%. Penelitian ini telah berhasil dilakukan dan dapat digunakan sebagai referensi pemilihan model untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan kemampuan kognitif anak.
Kata Kunci: Kognitif, Model POLISI (Problem Based learning, Think Pair Share dan media gelas angka).