Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan e-modul materi koloid berbasis flipbook dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, development, disseminate). Uji coba e-modul dilakukan pada Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Barabai Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket keterbacaan, angket respon, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh kevalidan e-modul dengan kategori sangat valid, kepraktisan e-modul dengan kategori sangat baik, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-gain sebesar 0,85 yang termasuk dalam kategori tinggi. E-modul berbasis flipbook dengan model PBL ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi koloid.